Etherchannel part 1

Posted: Oktober 1, 2009 in Cisco

Apa itu Etherchannel?

Etherchannel adalah suatu teknologi trunking yang digunakan oleh switch Cisco catalyst dimana sejumlah fisikal port pada device digabung menjadi satu jalur logika dalam satu buah port group. fungsinya untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router ataupun server dan jika salah satu port/jalur rusak maka port group akan tetap bekerja menggunakan jalur / port lain

Etherchannel dapat dikonfigurasikan dengan dua hingga delapan active Fast Ethernet, Gigabit Ethernet atau 10 Gigabit Ethernet port. Jadi jika menggunakan 8 jalur/port bisa menghasilkan kecepatan 800 Mbit/s, 8 Gbit/s atau 80 Gbit/s.

etherchannel8

Etherchannel atau link aggregation merupakan mengumpulkan lebih dari 1 link menjadi 1 link virtual. Ini sering digunakan untuk melakukan “bundling” suatu interface baik di switch maupun ethernet untuk memperbesar kapasitas dari link atau interface tersebut. Protokol yang sering digunakan dalam hal ini adalah lacp (Link Aggregation Control Protocol) Link aggregation dapat dilakukan pada ethernet sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. misalkan kita ingin menggambungkan 2 NIC dengan kapasitas 100Mbps menjadi 200 Mbps dengan melakukan agregasi terhadap interface tersebut kemudian dihubungkan ke suatu manageble switch yang support agregasi.

Benefit EtherChannel

  • Standards-based-Cisco EtherChannel ini dibangun berdasarkan teknologi-compliant IEEE 802.3 Ethernet dengan mengelompokkan beberapa, full-duplex point-to-point link bersama-sama. EtherChannel teknologi IEEE 802.3 menggunakan mekanisme untuk full-duplex autonegotiation dan autosensing, ketika berlaku.
  • Multiple-Cisco platform teknologi EtherChannel fleksibel dan dapat digunakan di mana saja di jaringan bottleneck yang mungkin terjadi. Hal ini dapat digunakan dalam desain jaringan untuk meningkatkan bandwidth antara switch dan antara router dan switch-juga menyediakan bandwidth untuk server jaringan, seperti server UNIX besar atau PC berbasis server Web.
  • Fleksibel inkremental bandwidth-Cisco teknologi EtherChannel menyediakan bandwidth agregasi dalam kelipatan dari 100 Mbps, 1 Gbps, atau 10 Gbps, tergantung pada kecepatan link agregat. Sebagai contoh, jaringan EtherChannel manajer yang dapat menyebarkan teknologi yang terdiri dari pasang full-duplex Fast Ethernet link untuk menyediakan lebih dari 400 Mbps antara pengkabelan lemari dan data center. Di pusat data, bandwith sampai 800 Mbps dapat disediakan antara server dan jaringan tulang punggung untuk menyediakan sejumlah besar inkremental scalable bandwidth.
  • Load balancing-Cisco teknologi EtherChannel terdiri dari beberapa link dan Fast Ethernet mampu menyeimbangkan beban lalu lintas di link tersebut. Unicast, broadcast, dan multicast lalu lintas adalah merata link, memberikan kinerja yang lebih tinggi dan berlebihan jalur paralel. Bila link gagal, lalu lintas diarahkan ke link yang tersisa dalam saluran tanpa campur tangan pengguna paket dan dengan sedikit kerugian.

  • Resiliency and fast convergence-Bila link gagal, Cisco teknologi EtherChannel otomatis menyediakan pemulihan dengan mendistribusikan beban di link yang tersisa. Bila link gagal, Cisco teknologi EtherChannel redirect gagal lalu lintas dari link ke link yang tersisa dalam waktu kurang dari satu detik. Konvergensi ini adalah transparan kepada pengguna akhir-protokol host timer tidak kedaluwarsa, sehingga tidak ada sesi yang dijatuhkan.
  • Ease of management-Cisco teknologi EtherChannel mengambil keuntungan dari pengalaman Cisco dikembangkan selama bertahun-tahun dalam pemecahan masalah dan mempertahankan jaringan Ethernet. Probe jaringan yang ada dapat digunakan untuk manajemen dan pemecahan masalah lalu lintas, dan manajemen aplikasi seperti CiscoWorks dan pihak ketiga aplikasi manajemen sekarang EtherChannel-sadar.

  • Transparent to network applications-Cisco teknologi EtherChannel tidak memerlukan perubahan untuk aplikasi jaringan. Ketika EtherChannel Teknologi ini digunakan di dalam kampus, switch dan router load balancing menyediakan beberapa link transparan untuk pengguna jaringan. Untuk mendukung teknologi EtherChannel pada server kelas enterprise dan kartu antarmuka jaringan, perangkat lunak cerdas driver dapat mengkoordinasikan distribusi beban di beberapa antarmuka jaringan.
  • Compatible with Cisco IOS® Software® Software-Cisco sambungan EtherChannel sepenuhnya kompatibel dengan IOS LAN virtual (VLAN) dan routing teknologi. Inter-Switch Link (ISL) VLAN Trunking Protocol (VTP) dapat membawa beberapa VLAN melintasi EtherChannel link, dan router yang melekat pada batang EtherChannel dapat memberikan routing multi penuh dengan dukungan untuk siaga panas menggunakan Hot Standby Router Protocol (HSRP).
  • 100 Megabit, 1 Gigabit, and 10 Gigabit Ethernet-ready-Cisco EtherChannel teknologi tersedia di semua kecepatan link Ethernet. EtherChannel teknologi jaringan memungkinkan manajer untuk menggunakan jaringan yang akan skala lancar dengan ketersediaan generasi berikutnya, berbasis standar kecepatan link Ethernet.

  • Interoperability with Coarse Wavelength Division Multiplexing(CWDM) Gigabit Interface Converters (GBICs) -Oleh sekaligus melaksanakan CWDM Gigabit EtherChannel dan teknologi, manajer jaringan dapat meningkatkan bandwidth dari link mereka tanpa harus berinvestasi dalam panjang yang baru berjalan serat. CWDM teknologi memungkinkan lalu lintas diagregasikan oleh Cisco link ke EtherChannel di-multiplexing pada satu untai serat.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s