Internet Connection Sharing

Posted: Desember 21, 2009 in networking

Di tulisan kali ini saya mau memberikan informasi bagaimana memanfaatkan koneksi internet yang prbadi agar bisa kita share kepada teman atau saudara , dan yang lainya. dengan megunakan fasilitas yang sudah di sediakan oleh OS , seperti Win 2000,Win XP dan Win vista , tanpa perlu menginstall program tambahan lainya.

Dengan Microsoft Windows Anda bisa menggunakan internet tunggal digunakan secara bersama. Istilah penggunaan internet secara bersama ini dalam Microsoft Windows dinamakan Internet Connection Sharing (ICS).

Bila jaringan komputer yang Anda memiliki salah satunya ada yang menggunakan Microsoft Windows XP pada jaringan, maka Anda harus menggunakan komputer ini yang digunakan untuk membuat koneksi ke Internet. Dengan demikian Anda dapat memanfaatkan keuntungan dan kehandalan fitur Internet Connection Sharing yang mudah dipakai serta fitur-fitur keamanan yang disertakan pada Microsoft Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003, dan lainnya.

Sebenarnya Microsoft sudah menyertakan fasilitas Internet Connection Sharing (ICS) ini mulai Microsoft Windows 98 Second Edition, Microsoft Windows Millennium Edition (Me) dan Microsoft Windows 2000. Microsoft Windows XP maupun Windows Vista sendiri sudah menyediakan Internet Connection Sharing untuk koneksi Internet secara bersama  dengan firewall yang sudah terpasang di dalamnya. Internet Connection Sharing dan Internet Connection Firewall di Microsoft Windows XP mudah dikonfigurasi dengan memakai Network Setup Wizard. Namun sebelumnya tentu saja Anda harus membuat koneksi ke Internet terlebih dahulu.

Koneksi Internet

Koneksi ke Internet melalui ISP (Internet Service Provider) bisa dilakukan dengan beberapa cara tergantung dana yang tersedia serta peruntukannya. Jika Anda membuat koneksi ke Internet hanya untuk e-mail, browsing, download bisa memanfaatkan dialup dengan satu line telpon. Tetapi jika jaringan tersebut digunakan untuk keperluan yang lebih luas Anda bisa menggunakan lised line. Namun demikian dasarnya sistem koneksi ke Internnet ini dibagi menjadi dua tipe utama yaitu koneksi menggunakan telepon dan koneksi broadband.

Setting Internet

Kini kita sudah mengenal beberapa ISP (Internet Service Provider), mulai yang menyediakan fasilitas sederhana sampai yang supert canggih. Bahkan ada *** yang menyediakan sistem koneksi yang sangat sederhana dan mudah sehingga Anda tidak perlu registrasi terlebih dahulu, misalnya TelkonMet, milik PT. Telkom. Untuk membuat koneksi ke ISP ini sangat mudah, karena Microsoft Windows XP menyediakan fasilitas bernama New Connection Wizard. Setelah itu Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan program.

Perlu diketahui bahwa apabila Anda menggunakan  ISP Telkomnet password dan nama user diketahui oleh umum. Namun demikian hal tersebut tidak masalah, karena tidak akan mempengaruhi data dan dokumen Anda. Tetapi jika Anda menggunakan ISP lain hal ini jangan sampai diketahui oleh orang lain

dan hanya ISP dan Andalah yang mengetahui nama user dan password tersebut. User nama dan Password ini sangat dibutuhkan ketika Anda berhubungan ke Internet dengan memakai ISP.

Apabila komputer yang Anda gunakan dijadikan server dan Anda akan memanfaatkan fasilitas Internet Connection Sharing yang harus diperhatikan adalah pemberian IP Address untuk komputer tersebut. IP Address yang harus Anda pasang adalah IP Standard atau defaultnya ICS Windows XP. IP yang dimaksud adalah 192.168.0.1 dengan Subnet 255.255.255.0. Sedangkan untuk clientnya Anda biarkan kosong saja tidak usah diberi alamat atau IP Adress.

Apabila Anda tidak menginginkan semua client bisa langsung dial ke ISP ketika Anda memanfaatkan fasilitas Internet Connection Sharing, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Karena jika tidak beri proteksi memungkinkan komputer-komputer lain yang ada pada jaringan Anda bisa berhubungan ke Internet tanpa lebih dulu menuju Internet Connection Sharing pada komputer yang dijadikan server.

Internet Connection Firewall digunakan untuk memproteksi atau memberi rasa aman bagi pemakai Internet dalam suatu jaringan baik jaringan di rumah ataupun di kantor. Fasilitas yang disediakan Microsoft Windows XP ini sangat baik dan cukup bisa diandalkan untuk mengamankan sistem jaringan Internet Anda dari gangguan orang yang tidak dikenal.

Sedangkan untuk settingnya Anda tingga menggunakan fasilitas Wizard yang disediakan Microsoft Windows XP.

Apabila komputer di kantor atau di rumah Anda sudah diinstalasi Microsoft Windows XP mungkin Anda sudah memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakannya. Salah satu fasilitas yang cukup baik adalah membuat koneksi Internet Broadband. Setup komputer yang akan dikoneksikan ke Internet dengan sistem ini sangat berbeda kalau Anda membandingkannya dengan koneksi Internet menggunakan jalur telepon. Namun demikian Anda masih tetap bisa menggunakan fasilitas New Connection Wizard untuk membuat koneksi ke Internet Broadband.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s